Mitigasi Resiko Dalam Pengadaan Barang dan Jasa

Pemerintah Kota (Pemkot) Malang melalui Bagian Layanan Pengadaan Barang dan Jasa (BLPBJ) mengadakan Diseminasi Mitigasi Resiko Pengadaan Barang/Jasa Bagi PA/KPA/PPK pada hari Kamis (4/11/2021) bertempat di Hotel Aria Gajayana.

Sebagai narasumber adalah Dr. H. Fahrurrazi, M.Si Kepala Bagian Pengadaan Barang/Jasa Kota Sukabumi yang telah berpengalaman dalam bidang pengadaan dan tersertifikasi sebagai Asesor Kompetensi Ahli Pengadaan, acara ini berjalan dengan sangat gayeng bahkan materi belum tersampaikan semua peserta sudah sangat banyak yang antusias untuk berdiskusi tentang bagaimana mengatasi sebuah resiko dalam pengadaan sampai waktu berdiskusi dibatasi untuk dapat menyampaikan materi.

Seperti diketahui bahwa karakteristik sebuah resiko adalah “ketidakpastian” dan “kerugian”, jadi Pengelola Pengadaan sangat diperlukan memahami Risiko, terutama pada Pengadaan bersifat Kompleks dan Strategis. 

Pengelola Pengadaan harus mampu melakukan identifikasi dan mengelola resiko tersebut supaya resiko tersebut tidak berdampak merugikan. Ada lima langkah dalam pengelolaan resiko yang diberikan oleh Narasumber, yaitu mengungkap dan mendeskripsikan resiko yang dapat mempengaruhi proyek atau pencapaian hasil, yang kedua adalah menentukan penyebab, kemungkinan, dan dampak dari tiap resiko, melakukan penilaian dan evaluasi tingkat resiko serta prioritas penangannya, menyusun rencana penanganan dan mitigasi risiko agar mencapai tingkat yang dapat diterima serta mengimplementasikannya serta memantau, menelusuri dan meninjau kembali risiko yang dikelola untuk memastikan tetap berada pada tingkat yang dapat diterima.

Dengan begitu kita bisa mengambil sikap terhadap resiko tersebut, apakah harus dihindari, mengurangi, memindahkan atau bahkan menerima resiko tersebut dengan segala ketentuan yang ada dan sesuai dengan prosedurnya dan tidak menyimpang dari aturannya.

Materi selengkapnya dapat diunduh pada website blp pada laman informasi publik. Harapannya dengan adanya diseminasi ini pengelola pengadaan semakin paham akan resiko dalam pengadaan itu sendiri dan bisa memitigasinya. Narasumber yang didampingi oleh Kepala Bagian Layanan Pengadaan Barang dan Jasa sangat mengapresiasi antusiasme peserta dalam acara ini, semoga ilmunya bermanfaat dan dapat menjadi tabungan akhirat kelak sesuai pesan Bapak Walikota pada acara-acara sebelumnya.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *