Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang memberikan apresiasi kepada perangkat daerah, serta masyarakat atas kinerja serta inovasi dalam layanan informasi dan komunikasi publik Kota Malang tahun 2021 di Hotel Savana, Kamis (9/11/2021).
Apresiasi ini meliputi tiga bentuk kegiatan, yakni Anugerah Inovasi dan Kreativitas Informasi Digital (AIKID), Apresiasi Pengaduan Publik (APIK), dan Apresiasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM).
Sekretaris Daerah Kota Malang Erik Setyo Santoso, ST., MT menyampaikan, kegiatan ini menjadi jawaban atas beragam tantangan di era digital yang menuntut Pemkot Malang untuk adaptif dan transformatif dalam melayani dan memenuhi ekspektasi yang tinggi dari masyarakat sebagai klien dalam layanan-layanan publik.
“Kecepatan aliran informasi saat ini menuntut kita untuk dapat menyaring, mengendapkan, mengolah serta membuat solusi yang pas dari beragam permasalahan yang ada. Inilah yang menantang kita untuk semakin adaptif, transformatif juga meningkatkan diri kita secara personal dan kelembagaan untuk bagaimana secara kualitatif meningkat untuk menjawab tantangan jaman dari waktu-waktu,” paparnya.
Beragam platform yang terus berkembang, lanjutnya, baik website serta berbagai interaksi di media sosial seperti Twitter, Facebook, Instagram dan lainnya bisa menjaring beragam aspirasi, masukan, dan pengaduan. Pihaknya berharap dengan apresiasi yang diberikan dapat merubah menjadi individu dan lembaga lebih baik lagi.
“Sehingga harapannya dapat mengajak yang lain untuk bisa bergerak yang sama, bahkan lebih dalam mengelola, menampung, menyalurkan kemudian menindaklanjuti pengaduan, saran, dan masukan yang ada,” sambung pria yang juga pernah menjadi Plt. Kepala Diskominfo Kota Malang tersebut.
Ditahun 2021 ini, Bagian Layanan Pengadaan Barang dan Jasa (BLPBJ) mendapat kesempatan menjadi juara 1 dalam Anugerah Inovasi dan Kreativitas Informasi Digital (AIKID) Award Tahun 2021 untuk kategori website dan media sosial Sekretariat Daerah, Kecamatan dan Puskesmas. Semoga penghargaan ini dapat menjadikan BLPBJ semakin berinovasi dan berkreasi dalam pelayanan di era digital ini. Sesuai pesan Sekretaris Daerah, Bapak Erik Setyo Santoso, S.T., M.T. bahwa kita sebagai pelayan masyarakat harus selalu adaptif dalam pelayananan terutama pelayanan terhadap publik.
Sedangkan untuk pemenang APIK 2021 Kategori Respons Pengaduan Terbaik, juara satu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil), juara dua Dinas Kesehatan (Dinkes), dan juara tiga Dinas Perhubungan (Dishub). Kategori Tata Kelola Terbaik juara satu Puskesmas Janti, juara dua Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), dan juara tiga Perumda Tugu Tirta.
Pemenang KIM 2021 Kategori KIM Terbaik, dimenangkan oleh KIM Gerabah Kelurahan Penanggungan, kedua KIM Nukus Kelurahan Sukun, dan ketiga KIM Bois Ilakes Kelurahan Blimbing. Kategori Viewer Video Presentasi Terbanyak dar Youtube, Instagram, dan Facebook adalah KIM Nukus Kelurahan Sukun, KIM Obama Kelurahan Bareng, KIM Bois ilakes Kelurahan Blimbing.
Dikutip dari berbagai sumber.